Programming

Membuat web dengan joomla 1.5

INSTALASI JOOMLA 1.5

Bingung mau posting
apa?posting tentang joomla aja dech.hehehehe.

akhir januari saya diminta untuk membuat website kantor tempat saya bekerja.?

wahhhhh..bingung 1000 keliling nie??setau saya buat website itu susah banget harus
melototin 1000 baris kode sepanjang malam.apa lagi kemampuan saya yang
alakadarnya ini.hohoho.langsung saya bergegas buka mozila search with mbah
goggle untuk mencari artikel tentang pembuatan web site wehehehe.akhirnya dapet
juga cara buat website dengan cms
joomla…saya baca artikel nya sambil praktek.ternyaata guaaampang seakali..

Duhh jadi kebanyakan
cerita nih.langsung dech ke titik utama nya aja.

Hal pertama yang harus disiapin untuk instllasi joomla adalah:

Download web server disini saya menggunakan xammp(download disini), kemudian
download juga joomla 1.5 disini.disini

Setelah semua XAMPP terinstall.

Kemudian joomla yang tadi di download ekstrak ke direktori
programfiles | xampp |

htdocs | buat
direktori baru, disini saya membuat ”new”ekstrak didalamnya.ok

Kita bisa mulai proses
instalasi membuka joomla di localhost, dengan mengetik http://localhost/new/.
Proses instalasi ada 7 langkah seperti gambar dibawah:

steps1

Langkah 1. Select language
atau pilih bahasa. Pilih saja English. Kemudian NEXT

select-languange

Langkah 2.
Pre-Installation check. Pastikan nilai2/parameter sesuai yang direkomendasikan.
Tekan NEXT

pre-instalation

Langkah 3. License.
Silahkan baca dulu, kalo mau baca LICENCE GNU GPL. Tekan NEXT

license

Langkah 4.Database. Isi
host name dengan localhost,username dengan root, password
dikosongi.Databasename sesuai dengan yang kita buat tadi yaitu new
.Tekan NEXT

database

Langkah 5.FTP Configuration.
Karena kita memakai Windows, kita lewati saja bagian ini. tekan NEXT.

ftp_configuration

Langkah 6. Main
Configuration. Kita isi Site Name, terserah kita. Terus email, terserah kita
juga. Kemudian password, ingat, password ini kita gunakan masuk ke
administrator.Untuk pilihan Install Sampel data, mending kita klik, biar situs
kita ada contoh isinya.

mainconfiguration

Langkah 7. Finish.
Akhirnya selesai sudah proses installasi.

finish

Yang perlu diingat kita
harus menghapus folder installasi htdocs/new. Baru kita bisa menampilkan situs
kita dengan meng-klik Site pada step 7 atau langsung dengan membuka di
localhost kita, http://localhost/new/

hapusinstalasi-foder2

Step selanjutnya akan saya posting lagi tergantung minat pengunjung?hehehe.ok

tunggu episode selanjutnya..

4 thoughts on “Membuat web dengan joomla 1.5

  1. makasih ya…tapi saya masih bingung kalo instal pake wampserver..gimana ya caranya..bisa diterangkan dari instal wamp lalu joomlah..terima kasih

  2. boz….klo bisa ane minta dikirimin keterangan lebih jelasnye ke e-mail yahoo ane boz…..sebelumnye ane ucapin trimakasih banyak boz…..ane tunggu….

  3. “Membuat web dengan joomla 1.5 Irwan blog” was in fact a good
    posting. If only there was considerably more personal blogs like this specific one on the cyberspace.
    Anyways, thank you for ur time, Mitchel

Leave a comment